Outing Class Lagi: Rekreasi ke Museum Geologi dan Taman Lansia



Jika Puma sedang pergi berekreasi dengan ibu ke desa Tui, anak-anak B2 juga tak mau kalah. Hari ini, kamis tanggal 29 Maret 2018 kami pergi berekreasi. Ehh, ngomong-ngomong Puma itu siapa ya? Ternyata Puma adalah tokoh cerita di tema “Serunya Berlibur di Desa Tui”. Untuk mengaplikasikan tema pembelajaran di kelas dengan pengalaman belajar nyata, maka outing class kali ini dipilihlah untuk mengunjungi museum Geologi dan taman Lansia. Dua tempat yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi rekreasi, bukan? Selain mengasyikan juga banyak memberikan berbagai macam pengetahuan.




Memasuki gerbang masuk museum, disana sudah ramai sekali oleh para pelajar yang berkunjung. Kami pun sudah tidak sabar untuk masuk ke dalam gedung museum. Setelah mendapatkan tiket akhirnya kami masuk ke dalam museum. Museumnya ternyata ada dua lantai. Di lantai satu, kami disambut oleh fosil gajah purba, lalu masuk ke ruangan yang berada di sebelah kiri dekat pintu masuk kami melihat sebuah tayangan tentang terjadinya bumi melalui gambar serta gambar. Di ruangan tersebut juga banyak sekali bebatuan dan mineral yang berasal dari perut bumi. Anak-anak sangat antusias bertanya nama dari batu-batu yang ada di sana. yang lebih kerennya lagi, di sana ditampilkan panel-panel dan layar yang dapat kita operasikan sendiri untuk mengetahui informasi mengenai benda-benda yang ada di sana. Di ruangan lainnya di lantai 1 juga menyajikan informasi tentang fosil-fosil dan sejarah manusia.

Di lantai dua, disana disajikan berbagai informasi seperti terjadinya gejala-gejala alam seperti tsunami, gempa bumi, dan gunung merapi yang disajikan dengan tayangan animasi, gambar, serta panel-panel. Di ruang yang berdeda juga disajikan informasi mengenai logam mulia serta informasi mengenai penggunaan dan manfaat mineral bagi kehidupan.

Turun dari lantai dua, kami ke ruangan yang menyajikan informasi mengenai hewan-hewan purba. Disana banyak fosil-fosil binatang seprti badak, kudanil, kerbau dan ada kerangka Tirronosaurous juga. Setelah itu kami memasuki sebuah ruangan untuk menonton sebuah film film edukasi mengenai bencana alam.



Puas berkeliling museum, ibu guru mengajak anak-anak ke taman Lansia. Udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau sangat cocok sekali untuk dijadikan rekreasi. Ehh, ditaman lansia juga ternyata ada replika dinosaurus yang sangat besar. Di bawah pohon yang rindang anak-anak dan ibu guru makan bersama dengan beralaskan tikar yang dibekal dari sekolah.

Itu saja cerita outing class kali ini. Outing class ke museum Geologi dan taman Lansia sangat banyak memberikan pengalaman yang bermakna bagi anak-anak. Anak-anak banyak memperoleh pengetahuan mengenai kehidupan bumi. Sesuai dengan slogan yang ada di museum “Sisakan untuk Kami, Warisi Kami cara Menghadapinya”. Semoga dengan anak-anak memperoleh pengetahuan tentang bumi tempatnya tinggal, mereka menjaga alam dengan bijak.

Komentar

Popular Posts