Kriteria Calon Suami Idaman

“Kamu mah pasti pilih-pilih yah?”
“Emang mau yang gimana sih. Jangan yang muluk-muluk. Umur makin tua loh.”
“Cewe tuh emang jangan kelamaan kalau nikah. Mau lah sama umur.”

Ladies pernah atau sering mendengar kalimat diatas? Kalau pernah atau sering yups berarti kamu memang udah umurnya nikah tapi masih belum juga. Hehe.. ditimpuk para single nih.

Saya pribadi, diumur saya yang sudah kepala dua berbuntut empat ini sudah sering sekali mendengar kalimat tersebut. Nyebelin gak tuh yang ngomong? Nyebelin, pake banget! Asal jeplak aja kan kalau ngomong. Emang siapa sih yang pilih-pilih. Emang siapa sih yang gak kepengen dipercepat jodohnya. Sooo tauuu bangaet mereka yang ngomong. Asal ngejugjde aja.

Terlebih dengan pertanyaan-pertanyaan:
“udah nikah?”
“ko belum nikah?”
“kapan nikah?”

Alamakkk udah pengen ngeliang kek cacing aja deh haha... sumpah pertanyaan paling horor itu haha.

Menjadi single..
Pilihan atau karena kebanyakan pilih-pilih?
Jelas itu adalah pilihan. Dan terkait pilih-pilih. Iya lah harus pandai memilih jangan asal aja. Kita kan nikah bukan untuk kebahagian dunia aja, tapi buat kebahagian akhirat juga.. hehe.
Jadi pilih-pilih dan menentukan kriteria calon suami itu menurut saya sih itu penting banget. Waktu mau beli lipstik aja kita menentukan kriterianya kan. Warnanya yang cocok ini. Yang bagus merknya ini, gak mahal tapi kualitasnya gak murahan. Iya gak sih? Gak asal beli lipstik kan? Iya kan? Hehe. Apalagi menentukkan pasangan yang nantinya akan mendampngi seumur hidup kita. penting banget untuk menentukan kriterianya seperti apa.

Terlebih di jaman yang lagi krisis akidah kaya gini. Jangan sampai dapet pasangan yang nyirnyir sama agamana sendiri. Naudzubillah mindzalik.
Oke, kriteria calon suami idaman versi saya adalah:
1. Dia menyakini dan mengimani ayat yang ada di dalam Al-Qur’an
Setidaknya meskipun dia belum sempurna dalam akhlak dan ibadahnya (karena saya pun demikian) tetapi dia percaya apa yang tertulis dalam Al-Qu’ran. Mengingat hari ini saya banyak disuguhkan dengan kenyataan ternyata sekelas ahli dalam ibadah pun dapat menjadi seorang munafik dengan membela seorang munafik. Dia mungkin masih belajar tentang agamanya, tetapi setidaknya dia bukan pembela penista agama (lagi marak kan yah ledies kasus Ahok) dia adalah salah satu orang yang membela agamanya.

2.Dia bukan pemakan dan penikmat Riba
Tentang riba. Ketika saya berbicara tentang kredit motor, mobil, KPR, bahkan kredit panci bahwa disana ada mengandung ribanya, ini bahasannya sensitif banget. Banyak dari mereka memang tidak tahu, dan kalaupun memang tahu tetapi banyak sekali alasan untuk menyangkal. Ya apalagi kalau bukan karena kebutuhan. Kalau gak kredit gak akan punya. Padahal mah yah Allah kan Maha Kaya. Masa gak percaya sama Allah sih. Ujung-ujung pasti dibilah, “Alah jangan so suci deh. Alah jangan terlalu fanatik deh.” Hehe. Coba deh dicari sumber infonya (saya lupa hadistnya hehe) bahwa termasuk dosa riba yang meminjami, yang dipinjamkan, yang menuliskan, dan yang jadi saksi. Ngeri banget deh riba itu.
Jadi akan sangat menyenangkan ketika dia yang jadi suami saya itu adalah yang sepaham dengan saya, menjauhi segala bentuk riba.

3. Pekerja keras dan bertanggung jawab
Kalau ini sih pasti adalah kriteria yang umum dimiliki setiap orang yah. Berhubung saya ini wanita yang pekerja keras hehe gak lucu kayanya kalau dapat suami yang sikap kerja kerasnya tuh dibawah saya. Minimal balance lah yah. Dan tentang tanggung jawab sudah barang tentu itu harus dimiliki setiap laki-laki. Saya kira tak perlu lah yah dijelaskan panjang lebar tentang tanggung jawab.

Wah tiga aja nih kriterianya? Hehe. Segitu aja lah cukup. Emm apalagi dong yah hehe. Sepertinya sudah mencakup semuanya deh hehe. Tentang cinta dan kasih sayang. Ketika dia mencintai agamanya saya kira cinta dan kasih sayangnya kepada saya sudah tak perlu ditanyakan lagi. Tentang pekerjaan. laki-laki yang pekerja keras dan bertanggung jawab sudah barang tentu dia pasti akan bekerja untuk mencukupi keluarganya. Bagaimana dengan tampang? Haha. Belle aja bisa jatuh cinta sama Beast karena kebaikannya. Atau katanya sih dikehidupan nyata cewe cantik aja bisa klepek-klepek sama laki-laki yang tampangnya pas-pasan tapi berduit. Catet itu kata orang bukan kata saya hehe. Jadi intinya fisik itu bukan segalanya hehe.

Oke segitu aja curhatannya haha. Selamat malam. Semoga yang single-single karena menjaga kehormatannya segera dipertemukan dengan jodohnya Aamiin.

Komentar

  1. Haluuu... Semangat ketemu jodoh yaa,, hehehe.. keep calm and pray to Allah aja, nanti juga dikasih jalan. Tau2 ketemu, tau2 dilamar eh nikah deh wkwkwk *itu mah aku hahaha...

    BalasHapus
  2. Singlelillah ya ka hehe semoga cepat dipertemukan dengan tulang punggungnya :)

    BalasHapus
  3. Aamiin terimakasih do'anya hehe

    BalasHapus
  4. hehhe tenang saya kepala dua buntutnya udh banyak.😀 jodoh itu perkara waktu dan rahasia Allah. Selagi terus usaha dan doa, insyaallah kita akan bertemu ia di waktu yang pas. pas di hati juga, ga hnya soal cinta tapi juga soal kenyamanan. memilih pasangan hidup itu perlu, soalnya susah senang dia yg ada buat kita. 😊

    Aamiin. semogaa segera bertemu ya 😇.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts