Our Outing Class: Menjelajah Alam Wisata Cimahi


Outing class merupakan salah satu kegiatan belajar yang menyenangkan dan banyak memberikan pengalaman bermakna bagi anak. Selain banyak memberikan wawasan baru, juga banyak memantik aspek perkembangan, seperti motorik, sosial, dan emosi.

Kali ini, di hari selasa tanggal 20 Maret 2018, Alhamdulillah anak-anak menjelajah Alam Wisata Cimahi (AWC) yang terletak dikawasan Cimahi. Meski perjalanan kurang menyenangkan karena bis yang akan kita naiki mogok jadi terpaksa anak-anak terpisah dan  “mengungsi”  ke bis-bis kelas lain tetapi  tak memudarkan semangat anak-anak untuk outing. Dan kekecewaan bertambah kembali karena saat disana tidak diberi kesempatan untuk sesi foto kelas, yang ada malah dengan semua kelas. Padahal dua kelas berkesempatan untuk foto terlebih dahulu (huhu sedih), ya sudah tak apa, mari tetap menciptakan keseruan di AWC ini.

Petualangan pun dimulai..




Anak-anak disambut oleh kakak-kakak pemandu kemudian tiap kelas dengan didampingi satu pemandu menjelajah dan mencoba setiap wahana yang ada di sana. Kelas kita didampingi oleh Kak Bagus, senang sekali dengan Kak Bagus ini. Orangnya ramah, friendy, suka bercanda, dan banyak memberikan informasi yang bermanfaat kepada anak-anak.

Sebetulnya, di AWC ini tidak banyak permaian yang anak-anak coba. Kegiatannya lebih seperti hiking. Kalau kata Ninja Hatori: mendaki gunung lewati lembah hehe. Suasana yang di desain layaknya pedesaan, melelusuri alam yang masih asri. Ya seperti nama tempatnya, Wisata Alam Cimahi. Dari AWC juga kita dapat melihat jelas pemandangan kota dari atas bukit yang indah.





Wahana pertama yang anak-anak coba adalah jembatan goyang, ehh gantung apa goyang ya hehe. Jembatan goyang saja lah, karena saat dinaiki dan berjalan di atasnya, goyang kanan goyang kiri jembatannya. Alhamdulillah, saat menaiki jembatan goyang ini anak-anak semuanya berani. Setelahnya, kita berkeliling AWC. Melihat domba, angsa, rusa, monyet, musang, dan menanam bibit kangkung yang dapat dibawa pulang anak-anak. Setelah itu kakak pemandu mengajak anak-anak untuk melakukan “Latihan TNI”. Ehh apa itu? Ternyata itu adalah kegiatan yang melatih motorik kasar seperti merangkak di terowongan, melewati ban, dan merangkak dibawah jaring-jaring.

“Sekarang kita mau main air,” ucap kakak pemandu. Anak-anak pun menyambutnya dengan bersorak. Kami mengikuti langkah kaki kakak pemandu sampai akhirnya ia berhenti di sebuah tempat cuci tangan. Hehe dasar kakak pemandunya jahil. Ternyata main air yang dimaksud adalah cuci tangan, karena waktunya kita untuk makan.

Lelah dengan kegiatan, akhirnya kita makan lesehan disebuah ruangan yang cukup besar. Setelah kenyang kita pun bergegas untuk pulang kembali ke sekolah.

Outing Class ke AWC kali ini, meski tak banyak wahana yang dicoba tetapi banyak sekali memberikan pengalaman yang bermakna bagi anak-anak. Terlebih adalah sebuah kebersamaan mereka bersama teman-teman dan ibu guru.

Komentar

Popular Posts